Peringatan (boleh diabaikan) !...Menelusuri Weblog ini dapat menyebabkan cerdas, bijaksana, serangan kantuk, serta ganguan terhadap stagnasi pikiran!.......Menulislah engkau, selama engkau tidak menulis engkau akan hilang dari masyarakat dan pusaran sejarah (Pak De Pram "Pramoedya Ananta Toer").
PLUTO BUKAN PLANET
Monday, August 28, 2006












Sidang Umum Himpunan astronomi Internasional (IAU) ke-26 di Praha, Republik Ceko, yang berakhir 25 agustus, mengahsilkan keputusan yang bersejarah, dengan mengeluarkan Pluto dari daftar Planet di Tata Surya. Keputusan ini sebagai konsekuensi dari dibuatnya definisi baru tentang Planet, berdasarkan resolusi 5A sidang umum IAU. Ada tiga syarat baru tentang definisi baru tentang Planet, pertama mengorbit matahari, kedua berukuran cukup besar sehingga dapat mempertahankan bentuk bulat dan ketiga memiliki jalur orbit yang jelas dan tidak ada benda langit lain di sekitar di orbit tersebut.


Berdasarkan definisi yang ketiga inilah yang membuat Pluto harus dicoret dari sembilan (9) daftar Planet Utama dalam Rangkaian Tata Surya (Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus). Orbit Pluto memotong orbit planet Neptunus sehingga dalam perjalanannya mengelilingi matahari, Pluto kadang lebih dekat dengan matahari dibanding Neptunus

Terhadap keputusan ini, Pluto kemudian ditempatkan dalam daftar planet kerdil atau planet katai (dwarf planet), yang termasuk dalam daftar planet ini adalah asteroit terbesar Ceres, Charon, dan beberapa benda langit lainnya.


Sumber: www.iau.org
 
madhayudis's . at 6:40 PM | Permalink


1 Komentar:


At 7:24 PM, Anonymous yoyoe

Bentoel iku Mas, eh maksute enyong "Pluto" iku dudu' planet, klo ngga salah Pluto iku jenenge asu'ne si Mickey Mouse nang film kartun iku lho Mas, iyo opo iyo Mas Yudi...he...he..hi... ngguyonan to Mas Yud...ojo marahi aku yo... (Salam hangat dari Jakarta boat Mas Madha Yudi)