Peringatan (boleh diabaikan) !...Menelusuri Weblog ini dapat menyebabkan cerdas, bijaksana, serangan kantuk, serta ganguan terhadap stagnasi pikiran!.......Menulislah engkau, selama engkau tidak menulis engkau akan hilang dari masyarakat dan pusaran sejarah (Pak De Pram "Pramoedya Ananta Toer").
Sunday, January 21, 2007
SISTEM TRANSPORTASI TEMPO DOELOE
"JAGALAN TRAIN AWAY"
KOTA MALANG 1900

Seperti halnya kebanyakan kota-kota lain di Indonesia pada umumnya, Kota Malang tumbuh dan berkembang setelah hadirnya pemerintah kolonial Hindia Belanda. Fasilitas umum direncanakan sedemikian rupa agar memenuhi kebutuhan keluarga Belanda. Kesan diskriminatif masih berbekas hingga sekarang, Misalnya Ijen Boullevard dan kawasan sekitarnya. Pada mulanya hanya dinikmati oleh keluarga-keluarga Belanda dan Bangsa Eropa lainnya, sementara penduduk pribumi harus puas bertempat tinggal di pinggiran kota dengan fasilitas yang kurang memadai. Kawasan perumahan itu sekarang bagai monumen yang menyimpan misteri dan seringkali mengundang keluarga-keluarga Belanda yang pernah bermukim disana untuk bernostalgia.

Kota malang mulai tumbuh dan berkembang setelah hadirnya pemerintah kolonial Belanda, terutama ketika mulai di operasikannya jalur kereta api pada tahun 1879. Berbagai kebutuhan masyarakat pun semakin meningkat terutama akan ruang gerak melakukan berbagai kegiatan. Akibatnya terjadilah perubahan tata guna tanah, daerah yang terbangun bermunculan tanpa terkendali. Perubahan fungsi lahan mengalami perubahan sangat pesat, seperti dari fungsi pertanian menjadi perumahan dan industri.

 
madhayudis's . at 6:48 PM | Permalink


4 Komentar:


At 4:40 PM, Anonymous bebek

malang?? emang pernah tinggal di malang??? kalo pernah, berarti selain asalnya sama jember, terus tinggal'e yo podo tau neng malang'e :p

 

At 2:03 PM, Blogger Si Jagoan Makan

itu jembatan mboldy yah ? kerennn ya ..dulu. Wah jadi inget kalau nyari kaset bekas ke sana tuh.
kera ngalam - Ongis nade

 

At 4:21 PM, Anonymous muk's

Hmm, rasanya pernah kesana. si jagomkana pasti ingat saat acara berburu pusaka malang.

 

At 3:32 PM, Blogger pyuriko

Waaahhh, koq Iko jadi kangen kota Malang yaaa.... Udah lama gak kesana, terakhir tinggal disana tahun 1990.... bukan tahun 1900, hehehehe....

Tapi skrg udah rame yaaa, banyak gedung2, mal2...